Bagaimana cara membuat surat keterangan domisili (SKD) 2023?

Cara Buat Surat Domisili Berbagai Daerah - Entah untuk keperluan pekerjaan, syarat kredit pinjaman hingga urusan perbankan hingga pernikahan, surat keterangan domisili sangat penting bagi kamu yang sedang berada diluar wilayah dimana KTP kamu tidak sama dengan alamat kamu tinggal saat ini. Biasanya pembuat peraturan seperti bank akan meminta bukti tempat tinggal berapa surat domisili tersebut. Lalu bagaiman cara mengurusnya? berikut adalah informasi dari dokumenonline.com.

Contoh Surat Keterangan Domisili 2023
Contoh Surat Keterangan Domisili 2023

Apa itu surat keterangan domisili

Dikutip dari pustaka wikipedia bahwa surat keterangan domisili ( SKD ) dapat diartikan sebagai suatu pernyataan terlulis yang menerangkan tentang keberadaan tempat tinggal seseorang maupun badan usaha. Surat ini dapat menjadi syarat saat Anda hendak mengurus dokumen seperti surat izin usaha, mengurus TDP, terkait dengan nomor wajib pajak dan lain sebagainya.

Keterangan Domisili Perusahaan Menjadi Syarat Perizinan
Keterangan Domisili Perusahaan Menjadi Syarat Perizinan

Siapa yang menerbitkan surat keterangan domisili?

Nah sebagai lembaga dibawah tangan pemerintahan republik indonesia, pihak kelurahan / desa adalah penerbit sah atas surat keterangan domisili baik pribadi maupun perusahaan. Sehingga untuk bisa membuat surat yang sah dan asli, setiap individu maupun perusahaan harus melaporkan ke wilayah desa / kelurahan setempat untuk membuat surat tersebut.

Dengan ini menjelaskan bahwa tidak ada biro jasa dokumen yang dapat menerbitkan surat keterangan domisili seseorang maupun perusahaan tanpa sepengetahuan dari pemerintah desa dimana wilayah tersebut dicantumkan.

Membuat / Mengurus Surat Domisili (Individu / Perusahaan )

Nah berdasarkan penjelasan diatas maka untuk membuat surat domisili tentu harus melibatkan pihak pemerintah desa atau lurah wilayah Anda. Sebaiknya anda datang ke kantor kelurahan tujuan pembuatan untuk menanyakan detail bagaimana mengurusnya.

Beberapa persyaratan umum yang diperlukan dalam pengurusan surat keterangan tempat tinggal domisili ini adalah:

  • Syarat utama tentu seperti halnya membuat KTP, maka usia kamu setidaknya sudah 17 tahun dan sudah memiliki Kartu Identitas Penduduk Indonesia.
  • Membawa Scan / fotokopi Kartu Identitas atau salinan kartu keluarga terdaftar
  • Membawa Surat Pengantar dari RT dan RW wilayah kamu membuat surat domisili.
  • Surat permohonan yang menunjukkan keabsahan dokumen, ditandatangani di atas materai Rp6 ribu.

Berapa Sih Biaya Pengurusan Surat Domisili?

Biaya pengurusan surat domisili adalah gratis! Sebagaiman kita tahu bahwa semua penduduk diwilayah negara kesatuan republik Indonesia wajib memiliki kartu identitas kependudukan sesuai wilayah tempat ia tinggal, surat keterangan domisili ini kemudian menjadi solusi bagi bagi warga pendatang sebagai suarat pengganti kartu identitas sementara. Jadi harusnya warga tidak perlu takut saat mengurus dokumen domisili ini karena prosesnya sangat mudah serta gratis tanpa dipungut biaya.

Thanks ya udah baca dokumenonline dot com berjudul "Bagaimana cara membuat surat keterangan domisili (SKD) 2023?" dimana artikel ini dimuat dengan spesifik tema sebagai: Prosedur dan cara membuat serta mengurus surat keterangan domisili untuk personal atau perusahaan juga berapa besara biaya saat pengurusannya. Dapatkan informasi menarik lain hanya melalui dokumenonline.com.